shalom-with-mamaKebahagiaan hadir bersama datangnya bayi. Hal yang paling menakjubkan adalah mengikuti setiap tahap perkembangan bayi dari hari ke hari. Bayi Ibu akan tumbuh dengan pesatnya, hingga kadang sulit diikuti.

Dengan memperhatikan setiap tahap perkembangan bayi, setiap hari kita bisa mempelajari dan mengenali setiap perubahan dan antisipasi yang perlu dilakukan segera oleh orangtua.

Dalam minggu-minggu pertamanya, bayi akan membiasakan diri dengan dunia baru disekitarnya. Bayi mulai beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya, juga termasuk belajar untuk mengenali orang-orang disekitarnya.

Melalui gerakan refleks alaminya, bayi mulai bereksplorasi mengenal dunia barunya, ibu dapat merasakannya ketika bayi mencoba untuk menggenggam jari ibu, saat ibu menyentuh telapak tangannya, juga refleks menghisap, ketika ada se

suatu yang masuk kedalam mulutnya.

Bayi juga belajar berkomunikasi melalui tangisannya. Dengan cara ini bayi akan cepat mendapatkan respons, yang kemudian dapat memberinya rasa nyaman dan aman. Tangisan bayi bisa jadi merupakan protes atau panggilan darurat. Dengan mengamati setiap perilakunya, ibu akan cepat belajar dan mengenali arti setiap tangisan bayi, dan bagaimana cara mengatasinya.

Tumbuh kembang balita

Masa balita adalah masa yang menyenangkan bagi orangtua dan bagi balita Ibu sendiri. Pada masa ini ia sudah mulai lebih banyak berinteraksi dengan dunia luar dan dengan orang lain. Dimasa ini, lingkungan sekitarnya akan mengambil peran penting dalam perkembangan kepribadiannnya. Anak ibu bertumbuh dan berkembang dengan pesatnya. Anak belajar berjalan, belajar bicara, dan berinteraksi dengan sekelilingnya. Untuk perkembangan yang optimal orang tua dapat menstimulasinya, contoh motorik kasar dan halusnya, seperti anak menggapai bola dengan tangannya, menggenggam jari ibu, atau benda yang aman bagi balita.

sany0004

Stimulasi untuk perkembangan bicaranya, orangtua dapat mengajaknya berkomunikasi dengan bahasa yang jelas dan benar, maksudnya, walaupun anak batita bicara dengan bahasanya yang belum jelas, (baby talk) usahakan orangtua tetap konsisten menggunakan bahasa yang tepat dan jelas tanpa harus menyalahkan apa yang diucapkannya, tapi memperbaikinya. Dengan metode bercerita sederhana menggunakan media boneka tangan atau boneka jari juga dapat merangsang pengelihatan, pendengaran, bahkan konsentrasi anak.

11032007018

Untuk sosialisasi dengan lingkungan, anak akan mengenal anggota keluarga terdekat lebih dulu. Anak akan merasa aman dan nyaman dengan orang-orang terdekat yang sudah dikenalnya. Untuk mengenalkan situasi baru, dan lingkungan baru, ada baiknya mengenalkan anak dengan komunitas ciliknya, misal tetangga sebaya, atau lingkungan tumbuh kembang usia toodler yang sekarang banyak menjamur.

Iklan